Sensasi Menggebdarai Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra Mobil LCGC Punya Rasa Low MPV

Chat Via wa

Daihatsu Sigra Mobil LCGC Punya Rasa Low MPV | PT Astra Daihatsu Motor (ADM) pada awal Agustus lalu telah meluncurkan produk terbarunya Astra Daihatsu Sigra. Mobil ini masuk kategori Low Cost Green Car (LCGC) berkapasitas 7 penumpang. detikOto berkesempatan mengetes kemampuan mobil ini mulai dari jalanan mulus hingga jalanan bergelombang.

detikOto mendapat kesempatan mengendarai Sigra tipe R bertransmisi otomatis dan manual. Jalur yang dilalui mulai dari jalan tol dari BSD menuju Sentul kemudian perjalanan dilanjutkan ke Gunung Pancar, Bogor.

Simak ulasan berikut untuk mengetahui bagaimana sensasi mengendarai Astra Daihatsu Sigra.

1. Desain

Desain Astra Daihatsu Sigra memang sangat mirip dengan Toyota Calya. Namun bagian depan grille Sigra lebih lebar, berbeda dengan Calya yang didesain khas mobil Toyota lainnya. Desain lampunya juga stylish dan modern.

Bagian depannya juga terdapat lampu kabut berlapis chrome. Lampu kabut tersebut hadir dengan desain memanjang.

Dilihat dari samping Sigra tipe R yang dicoba detikOto ini menggunakan pelek alloy 14 inci dengan warna metalik. Spion juga terlihat lebih modern dengan adanya lampu sen di bagian bawah spion.

Di bagian belakangnya nampak persis seperti Toyota Calya, yang desain lampu belakang mirip Toyota Innova.

2. Interior

Desain Dasbor Daihatsu Sigra

Desain Dasbor Daihatsu Sigra

Bagian dasbor Sigra terdapat perpaduan dua warna yaitu krem dan hitam. Tuas transmisnya berada di sebelah pengatur suhu AC.

Desain cluster meter-nya terlihat modern. Di sini sudah tersedia informasi putaran mesin, spidometer, dan multi information display (MID). Di MID juga sudah terdapat banyak informasi, salah satunya informasi mengenai rata-rata konsumsi bahan bakar. Di bawah kanan setir terdapat tombol sensor depan dan sensor parking.

Daihatsu Sigra dilengkapi dengan sistem audio double din. Audio juga sudah mendukung CD, MP3, Aux, USB, dan Bluetooth.

Sigra telah dilengkapi dengan power window. Empat kaca jendela bisa dinaik-turunkan dari posisi pengemudi. Handel pintu dalam juga dilapisi chrome. Juga terdapat hand rest di baris pertama.

Di bagian belakang tidak dipasang double blower melainkan air circulator. Air circulator berperan menyebarkan udara yang berasal dari AC depan hingga menyebar sampai jok belakang. Teknologi ini merupakan teknologi pertama Daihatsu yang digunakan di dunia.

Di baris kedua, penumpang juga cukup merasakan kenyamanan. Kursi bisa diatur maju mundur untuk menambah ruang kaki. Kemudian terdapat charging power station di baris kedua yang bisa digunakan penumpang untuk mencharge handphone tanpa perlu ke baris depan.

3. Performa

Sigra yang dites detikOto baik yang bertransmisi manual maupun otomatis telah dilengkapi dengan mesin DOHC empat silinder 16 katup berkapasitas 1.200 cc yang sudah mengusung teknologi Dual VVT-i.

Tenaga maksimal yang dihasilkan mencapai 88 PS pada 6.000 RPM dengan torsi 108 Kgm pada 4.200 RPM disalurkan ke roda depan.

Dari pengalaman yang dirasakan detikOto saat menyetir di jalan tol, mesin tidak terlalu responsif saat pedal gas diinjak. Namun masih kuat untuk MPV bermesin 1.200 cc ini.

Untuk LCGC suspensinya cukup nyaman begitupun saat dibawa menanjak di jalanan berbatu.

Tes Drive Ketangguhan Daihatsu Sigra

Tes Drive Ketangguhan Daihatsu Sigra

4. KesimpulanKonsumsi bahan bakar saat menggunakan mesin bertransmisi manual yang dikendarai dengan kecepatan rata-rata 100 km/jam konsumsi bahan bakar mencapai 15,7 km/liter. Dikendarai dengan kecepatan 80 km/jam mesin bertransmisi otomatis, konsumsi BBM Sigra bisa menembus 23,2 km/liter.

Dari penilaian detikOto, untuk mobil dengan harga di bawah Rp 150 juta yang termasuk dalam kelas LCGC ini, rasanya mirip seperti mengendarai mobil low MPV.

Saat berjalan di jalan mulus seperti tol cukup nyaman, di jalan bergelombang pun rupanya masih nyaman. Bahan bakar yang dikonsumsi juga cukup irit.

Duduk di bangku penumpang tanpa menyalakan air circulator, rasanya cukup dingin. Namun untuk perjalanan jarak jauh penumpang baris ketiga bisa meminta penumpang di baris kedua memajukan kursinya karena ruang kaki yang cukup sempit.

Sigra juga memiliki fitur Dual SRS Air Bag, ABS yang terdapat pada model bertransmisi otomatis, dan Immobilizer.

Sumber

Dapatkan Promo Penawaran Terbaik dan bonus menarik lainnya, Ajukan Online sekarang juga, proses cepat & mudah
Hubungi Kami di: 085277956145
Klik Whatsapp Klik Telepon
___________________________________
Form Simulasi Kredit/Tukar Tambah
Simulasi Kredit Tukar Tambah
___________________________________
Sales Consultant | otosentrum.com
1. Alia April
2. Andi Soecipta
3. Arief Septyoaji
4. Bayu Aji Ramadhan
5. Gilang Gumilar
6. Muhamad Isa Wahyu
Alamat Dealer Daihatsu

Artikel Terkait

Kelebihan Mesin Empat Silinder 1.200 Daihatsu Sigra Kelebihan Mesin Empat Silinder 1.200 Daihatsu Sigra | Daihatsu Sigra datang dengan pilihan mesin baru, yakni 3NR-VE, DOHC Dual VVT-i 1.200 cc. Bicara ...
Tips Modifikasi Bagian Kaki Daihatsu Ayla Tips Modifikasi Bagian Kaki Daihatsu Ayla | Bagi para pemilik Daihatsu Ayla, sektor kaki-kaki pasti jadi tujuan pertama jika ingin memodifikasi kendar...
Inilah Tiga Keunggulan Daihatsu Hi-Max Inilah Tiga Keunggulan Daihatsu Hi-Max | PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan varian baru mobil pickup, Daihatsu Hi-Max. Mobil bermesin 1.000 cc ...
Mencoba Kenyaman Duduk di Baris Ketiga Daihatsu Sigra Mencoba Kenyaman Duduk di Baris Ketiga Daihatsu Sigra | Sebelumnya, kelas LCGC dengan tiga baris hanya dihuni oleh Datsun Go+ Panca. Hadirnya Daihatsu...
Daihatsu Sigra Hadirkan Empat Tipe Pilihan Daihatsu Sigra Hadirkan Empat Tipe Pilihan | Selain memunculkan informasi soal dua pilihan usungan mesin MPV murah LCGC Astra Daihatsu Sigra Ayla, pad...
Posted in News and tagged , , , , , , .