Test Drive Seberapa Irit Daihatsu Xenia R Sporty 1.3 M/T

Test Drive Seberapa Irit Daihatsu Xenia R Sporty 1.3 M/T  | Rasa penasaran kami terbayar. Daihatsu Xenia R Sporty dengan transmisi manual sukses membuktikan kalau sebenarnya ia lebih baik dibanding Xenia tertinggi sekalipun. Inilah hasil test drive Daihatsu Xenia R Sporty 1.3 M/T dengan konsumsi BBM irit.

Kami percaya jika data mengenai konsumsi bahan bakar masih menjadi perhatian utama setiap konsumen yang mengincar mobil MPV. Itulah sebab mengapa setelah kami menguji Xenia R Sporty dengan transmisi otomatis, kami juga harus tes unit dengan transmisi manualnya.

Tidak ada perbedaan spesifikasi teknis. Mobil ini juga mengusung mesin 1.329 cc 4-silinder dengan keluaran tenaga sebasar 97 dk dan torsi 121 Nm. Menjadi menarik ialah, aplikasi mesin baru dengan dual VVT-i ini dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan.

Sejak kunci kontak kami putar, karakter suara mesin Xenia kini terdengar lebih halus. Bahkan intrusinya ke dalam kabin kian samar dengan tingkat kekedapan kabin yang lebih baik dibanding kabin Xenia sebelumnya

Melaju di rute dalam kota, mobil ini memang tidak sepraktis unit bertransmisi otomatis. Meski begitu pengaturan gigi bisa kami sesuai lebih presisi. Terlebih dengan katup variabel ganda di mesin Xenia kini, sistem buka tutup katup dan ECU terus berupaya untuk menyesuaikan dengan kecepatan putaran mesin, asupan udara, air dan juga pijakan gas kami.

Tidak heran saat terjebak macet dan melaju hanya 23 km/jam, indikator ECO di mobil kerap menyala. Satu petunjuk sederhana yang mengindikasikan jika kami sudah berkendara dengan efisien. Hasilnya, untuk rute dalam kota, mobil ini bisa meraih 14,8 km/l.

Begitu halnya saat kami memacu mobil ini di rute tol. Xenia mampu mencatat angka yang cukup impresif yaitu 17,3 km/l. Angka ini tentu jauh lebih baik dibanding performa mesin Xenia generasi sebelumnya berkapasitas 1.298 cc 4-silinder bertenaga 92 dk dan torsi yang sama. Dimana konsumsi BBM di dalam kota hanya meraih 11 km/l dan di tol 16,8 km/l.

Mesin dual VVT-i ini juga memungkinkan sistem katup mendukung proses pembakaran yang lebih responsif sekaligus mengeluarkan seluruh potensi tenaga yang dimiliki. Terbukti saat akselerasi 0-100 km/jam mobil ini sanggup menguncinya hanya dalam 12,8 detik. Artinya ia lebih cepat 1,4 detik dibanding unit bertransmisi otomatis yang meraih 14,2 detik untuk hal yang sama.

Karakter suspensi Xenia sebelumnya yang cenderung empuk dan terlalu mengayun, kini sedikit terkoreksi. Penggunaan sistem suspensi yang baru termasuk pengaturan ulang di shock absorber dan lateral control rod, serta diameter stabilizer yang lebih lebar membuat mobil ini jauh lebih rigid dan stabil.

Namun bagi kami, mobil ini tetap bukan mobil yang pas untuk diajak berakselerasi keras. Gejala limbung masih begitu terasa, bahkan melaju di kecepatan 120 km/jam lebih, srasa gugup seolah hadir saat menggenggam setir.

Menakutkannya lagi, mobil ini tidak dilengkapi ABS dan EBD sebagai perangkat keamanan aktif seperti sudaranya Toyota Avanza. Satu paket keamanan yang seharusnya tidak pantas absen pada varian Xenia termahal.

RIVAL
Suzuki Ertiga GX M/T

Mesin: 1.373 cc 4-silinder, 95 dk
0-100 km/jam: 10,62 detik
Harga: Rp 200,9 juta

+: Performa, Kenyamanan, pengerak roda depan
-: Desain Eksterior, Harga harga lebih mahal

new ertiga4

 

First Opinion
Pembaruan di sektor jantung pacu terbukti mampu menaikkan pamor Daihatsu Xenia R Sporty. Hebatnya lagi, unit dengan transmisi manual 5 percepatan ini justru sanggup membuktikan kalau ia lebih baik dari sisi efisiensi BBM dan juga akselerasi dibanding unit bertransmisi otomatis. Meski fitur keamanan tidak semumpuni rival di kelasnya, Xenia R Sporty jelas jawaban bagi Anda pecinta mobil keluarga yang ingin terlihat istimewa.Sekilas Pandang
– Total ada 11 varian Daihatsu Great New Xenia
– Masih tersedia juga unit Xenia bermesin 1.000 cc
– Varian ini merupakan Xenia termahal kedua. Yang paling mahal ialah Daihatsu Xenia R Sporty 1.3 A/T yang dibanderol Rp 205,8 jutaautobild.co.iud

Sumber

Dapatkan Promo Penawaran Terbaik dan bonus menarik lainnya, melalui Form Simulasi Kredit (Ajukan Online sekarang juga, proses cepat & mudah)
Untuk mengetahui secara detil setiap angsuran Daihatsu, bisa menggunakan Form Simulasi kredit dibawah ini
Form Simulasi Kredit
_____________________________________________________________________________
Atau Hubungi Kami Langsung di no
Klik Telp: 085277956145
Klik Whatsapp: 085277956145
_____________________________________________________________________________
Atau Tukarkan mobil bekas anda dengan mobil baru Daihatsu menggunakan form Tukar Tambah dibawah ini

Posted in News and tagged , , , , .