Seberapa Irit BBM Daihatsu Sigra 1.2 R A/T Deluxe

Seberapa Irit BBM Daihatsu Sigra 1.2 R A/T Deluxe | Auto Bild mencoba konsumsi BBM Daihatsu Sigra 1.2 R A/T Deluxe di Liga Irit 2016. Berbekal mesin 1.197 cc katup variabel, mobil ini sukses mendobrak ke deretan atas klasemen akhir Liga Irit 2016. Boleh dibilang, inilah mobil yang begitu dinanti kedatangannya pada ajang Liga Irit 2016. 

Untuk bertanding di ajang ini, Daihatsu Sigra punya amunisi andalan di sektor mesin. Mobil ini menggunakan unit 3NR-VE. Pada dasarnya, mesin ini satu keluarga dengan kepunyaan Toyota Etios, tapi mesin Daihatsu Sigra sudah dilengkapi teknologi mumpuni untuk meningkatkan performanya. Adalah teknologi katup variabel Dual VVT-i yang menjadi pembeda utama antara mesin Sigra dengan mesin Etios. Teknologi ini jelas berguna sekali untuk meningkatkan efisiensi. Teknologi ini memungkinkan putaran camshaft gear yang berubah-ubah untuk mengatur waktu bukaan katup yang bervariasi. Durasi bukaan katup akan menyesuaikan dengan parameter engine speed dan engine load, sehingga kondisi pembakaran ideal selalu tercipta.

Karena diimbuhi kata Dual, berarti mekanisme katup variabel itu ada di kedua katup (intake dan exhaust). Mesin katup variabel ini, bisa dibilang jadi senjata utama Daihatsu Sigra. Mesin Sigra menghasilkan tenaga sebesar 88 dk dan torsi 108 Nm, memang terlihat tidak besar. Namun pertimbangkan juga bobot mobil ini. Berat kosong Daihatsu Sigra tipe R AT Deluxe hanya 990 kg. Artinya mobil ini punya power to weight ratio sebesar 11,25 kg/dk. Power to weight ratio Daihatsu Sigra bahkan masih lebih baik dari Daihatsu Xenia R AT Sporty, yang mencatatkan angka 11,64 kg/dk. Inilah senjata kedua Daihatsu Sigra. 

Wajar saja mengingat harga mobil ini diset rendah untuk mengikuti skema mobil LCGC (Low Cost Green Car). Anda dimudahkan mengatur injakan pedal gas se-efisien mungkin, dengan bantuan lampu Eco Indicator di speedometer. Pada pengetesan rute dalam kota, power to weight ratio mobil sangat berpengaruh. Mengapa? Karena di kemacetan, mobil sering kali dihadapkan dengan kondisi stop and go. Dengan power to weight ratio yang baik, usaha mesin dalam melajukan mobil jadi lebih ringan. Kita tidak perlu menginjak pedal gas dalam untuk bisa berakselerasi. Hasil akhirnya, tentu saja konsumsi bahan bakar yang minim.Saat diuji di rute Jakarta-Tangerang Selatan dengan kecepatan rata-rata 17,8 km/jam, Daihatsu Sigra 1.2 R AT Deluxe mampu meraih angka konsumsi bahan bakar sebesar 10,3 km/l.

Daihatsu Sigra yang kami uji menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan. Perpindahannya terasa cukup halus dan berpindah di putaran mesin yang cukup rendah, sekitar 2.000 rpm. Putaran mesin yang tidak perlu tinggi, harusnya bisa menekan angka konsumsi BBM-nya. Bagaimana dengan konsumsi luar kotanya? Harus diakui, kontestan lain dengan mesin yang lebih bertenaga diunggulkan di parameter ini. Buktinya, saat melaju konstan di kecepatan 100 km/jam, putaran mesin Daihatsu Sigra menyentuh angka cukup tinggi di angka 3.000 rpm. Meski begitu, konsumsi bahan bakarnya masih menyentuh angka 12,1 km/l.

Daihatsu Sigra memang belum menjadi juara di ajang Liga Irit 2016. Tapi lagi-lagi coba pertimbangkan harga jualnya. Dengan harga yang tidak terlalu menjulang, mobil ini masih mampu memenuhi kebutuhan utama sebagian besar konsumen Indonesia, yaitu irit bahan bakar.

harga dan spesifikasi daihatsu sigra

Spesifikasi Lengkap Daihatsu Sigra

Sumber

Dapatkan Promo Penawaran Terbaik dan bonus menarik lainnya, melalui Form Simulasi Kredit (Ajukan Online sekarang juga, proses cepat & mudah)
Untuk mengetahui secara detil setiap angsuran Daihatsu, bisa menggunakan Form Simulasi kredit dibawah ini
Form Simulasi Kredit
_____________________________________________________________________________
Atau Hubungi Kami Langsung di no
Klik Telp: 085277956145
Klik Whatsapp: 085277956145
_____________________________________________________________________________
Atau Tukarkan mobil bekas anda dengan mobil baru Daihatsu menggunakan form Tukar Tambah dibawah ini

Posted in News and tagged , , , , , , .